Sabtu, 22 Desember 2012

Strong Country by Strong Mother

Sudah jamak di masyarakat kita bila keberhasilan seorang anak dalam keluarga--identik dengan nama baik bagi kepala rumah tanggal alias sang bapak. Tapi bila ada salah satu anggota keluarga yang tidak berhasil atau merusak nama baik keluarga, biasanya 'kesalahan' dialamatkan kepada ibu sang anak tersebut. Padahal kita semua tahu bahwa masalah sukses atau tidaknya seorang anak mutlak kerjasama antara suami atau isteri (ibu dan bapak kita). Tidak bisa salah satu pihak saja yang mengklaim suatu kesuksesan atau menyalahkan pihak lain bila mengalami suatu kegagalan!

Hari ini merupakan hari Ibu bagi jutaan ibu para ibu di tanah air. Peran para ibu di negeri ini tidaklah kecil. Mulai dari Cut Nyak Din, Rohana Kudus, RA Kartini, Dewi Sartika hingga Ainun merupakan orang-orang besar negeri ini yang telah melakukan perjuangan tiada henti untuk mendukung kemajuan anak negeri. Sebagai anak bangsa kita boleh berbesar hati karena setelah era Reformasi, keterwakilan wanita di parlemen sudah mencapai 30%. 

Menjelang tahun 2014 nanti -- berdasarkan data statistik suara kaum wanita (ibu) sudah melebihi angka 50% dari populasi kaum pria. Suara signifikan ini hendaknya dapat digunakan secara smart dalam artian kaum ibu atau perempuan bukan saja sebagai objek bagi si vote getter, tapi juga punya bargain position bagi kemajuan bangsa. Saatnya kaum ibu menyuarakan hak-hak mereka untuk mendapatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang terjangkau di seluruh pelosok tanah air. Kaum ibu dapat menyuarakan dengan lantang standarisasi skills dan perlindungan bagi TKW yang akan dikirim ke luar negeri. Sehingga kita tidak ingin mendengar lagi kisah pilu para TKW kita yang diperlakukan tidak senonoh, diperkosa, bahkan dibunuh tanpa perlindungan maksimal dari negara.Memuliakan kaum Ibu merupakan keniscayaan. Mengapa? Karena tidak satupun putera-puteri terbaik yang lahir di negeri ini tanpa dirawat dan diasuh oleh seorang IBU.

"Selamat Hari IBU. Negara Kuat karena didukung oleh KAUM IBU yang HEBAT!"

Banuayu, 22 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar